Mekanisme Pendaftaran

A.Jalur PMDP

1. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online melalui website http://sipenmaru.poltekkes-kemenkes-bengkulu.ac.id

2. Peserta mengisi data pada form pendaftaran kemudian sistem akan memunculkan nomor ID dan peserta mencetak ID

3. Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM Mandiri menggunakan nomor ID sebagai nomor Rekening dan melalui ATM Mandiri dengan menunjukkan nomor ID.

Tata cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri

a. Via Teler

  Mengisi Form Setor: Nama dan Nomor ID > Bukti Setor Menampilkan  Password/Pin yang akan digunakan untuk login

b. Via ATM

Masukkan PIN -> Pilih Bayar Atau Beli->Pendidikan->Masukkan Kode Institusi 10117 -> Masukkan Nomor ID -> Bukti Setor Menampilkan Password/Pin yang akan digunakan untuk login

4. Setelah membayar, peserta akan mendapatkan PIN/Password untuk akses login dan mengisi nilai raport semerter I-V, Bila nilai skala 1 – 4, maka harus dikonversi ke skala 1 – 100 sesuai peraturan yang berlaku. Calon peserta mengunjungi Website Poltekkes Kemenkes Bengkulu, lalu Klik Login, Ketikkan Password (didapat dari Bank), Ketikkan nomor ID berupa 8 Digit angka 217xxxxx, Ketikkan Password (didapat dari Bank), Klik proses.

5.Alur Pendaftaran

6. Peserta mengisi Formulir dengan langkah-langkah :

  1. Setelah selesai login lengkapi data dengan mengisi formulir sesuai dengan Form yang telah tersedia
  2. Masukkan Pas Foto (ukuran 3×4 atau kurang dari 1 MB) ketikkan nama pada pasfoto sesuai nama calon peserta (huruf kecil dan tanpa spasi, contoh : annisatrihapsari.jpg atau annisatrihapsari.png
  3. Setelah selesai pengisian Form, calon peserta dapat mencetak kartu ujian dengan menekan tombol verifikasi , bahwa data yang anda isi telah benar dan sesuai dan bisa untuk diceta

7. Calon Peserta mengantarkan berkas ke Sekretariat Sipenmaru bertempat di Kampus A Poltekkes Kemenkes Bengkulu Jalan Indragiri nomor 03 Padang Harapan Bengkulu dengan melengkapi berkas dengan warna map sesuai pilihan Prodi berisi:

  • kartu ujian,
  • form pengisian nilai raport,
  • fotocopy nilai raport yang dilegalisir,
  • slip setor atau resi pembayaran pendaftaran,
  • fotokopi dan asli piagam penghargaan.

 Pendaftaran Sipenmaru Bersama (SIMAMA)

1. Biaya Pendaftaran Jalur SIMAMA sebesar Rp 125.000,-

2. Calon Peserta memilih minimal 2 Program Studi dan Maksimal 3 Program Studi

3. Program Studi yang dipilih :

  • Poltekkes tempat domisili (wajib memilih 1 Prodi) untuk melaksanakan Ujian Tertulis
  • Poltekkes lain yang dituju (minimal 1 Prodi pilihan, maksimal 2 Prodi pilihan)

4. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online melalui website http://simama-poltekkes.kemkes.go.id

5. Alur Pendaftaran

Penjelasan Alur Pendaftaran :

  1. Calon Peserta wajib memiliki akun (e-mail) dan akun hanya dapat digunakan satu kali dalam proses pendaftaran.
  2. Setelah akun berhasil dibuat calon peserta wajib login/masuk
  3. Calon Peserta mengisi pilihan lokasi Kampus dan Pilihan Prodi (minimal 2 pilihan Prodi, maksimal 3 pilihan Prodi dan wajib memilih 1 Prodi Poltekkes Kemenkes Bengkulu sebagai tempat melaksanakan Uji Tulis).
  4. Calon Peserta mencetak nomor tagihan/nomor pendaftaran dengan mengklik tombol cetak untuk melakukan pembayaran ke Bank Mandiri (pembayaran menggunakan Nomor Pendaftar/Nomor Tagihan sebagai Nomor Rekening) Jika pembayaran via ATM/mobile banking menggunakan Kode SIMAMA 89242. Setelah melakukan pembayaran, peserta login/masuk kembali dengan akun yang sama dan mengisi biodata, mengupload foto dan meriview biodata serta mencetak Kartu Peserta Ujian.

6. Peserta wajib mengikuti uji tulis pada tanggal 22 April 2020 Pukul 08.00WIB (wajib hadir 1 jam sebelum pelaksanaan uji tulis).

7. Peserta yang dinyatakan Lulus uji tulis, selanjutnya diwajibkan mengikuti tes kesehatan dan wawancara

 C. Pendaftaran Jalur Mandiri:

1. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online melalui website http://sipenmaru.poltekkes-kemenkes-bengkulu.ac.id,

2. Peserta mengisi data pada form pendaftaran kemudian sistem akan memunculkan nomor ID dan peserta mencetak ID

3. Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM Mandiri menggunakan nomor ID sebagai nomor Rekening dan melalui teller ATM Mandiri dengan menunjukkan nomor ID

    Tata cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri

     a. Via Teller

         Mengisi Form Setor: Nama dan Nomor ID > Bukti Setor Menampilkan Password/Pin yang akan digunakan untuk login

     b. Via ATM

         Masukkan PIN -> Pilih Bayar Atau Beli->Pendidikan->Masukkan Kode Institusi 10117 -> Masukkan Nomor ID -> Bukti Setor Menampilkan Password/PIN yang akan digunakan untuk login

4. Alur Pendaftaran

5. Setelah membayar, peserta akan mendapatkan PIN/Password untuk akses login dan mengisi form pendaftaran dan mencetak Kartu Peserta Ujian.

6. Peserta wajib mengikuti uji tulis pada pada 04 Juni 2020 Pukul 08.00WIB (wajib hadir 1 jam sebelum pelaksanaan uji tulis).

7. Peserta yang dinyatakan Lulus uji tulis, selanjutnya diwajibkan mengikuti tes kesehatan dan wawancara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *